Domain

Nama domain sangatlah vital di dunia online. Jangan sampai nama domain yang merupakan brand/merek perusahaan/nama pribadi Anda didaftarkan oleh orang lain hanya karena Anda telat mendaftar atau tidak mau tahu.

Seiring berjalannya waktu, harga pendaftaran domain semakin terjangkau karena Anda bisa mendaftarkan langsung ke provider seperti klikhost.com, tanpa perantara orang lain.

Jika Anda ingin mendaftarkan nama domain untuk keperluan bisnis,

Segera amankan nama domain Anda! Domain ini akan menjadi milik Anda sepenuhnya! Silahkan klik di sini untuk ORDER!

 

TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN

Menentukan nama domain untuk dijadikan brand bagi usaha kita memang terkadang susah-susah gampang. Maunya biar unik, tapi akhirnya malah terlalu panjang. Atau terlalu pendek tetapi tidak mewakili brand.

Beberapa tips berikut dapat Anda gunakan sebagai kriteria saat menentukan nama domain apa yang sebaiknya Anda ambil. Sebaiknya pula Anda harus bertanya kepada teman yang lain untuk mengukur sejauh mana nama domain yang Anda pilih bisa lebih mudah diingat, familiar dan mewakili produk yang Anda jual.

1. Gunakan hanya domain berakhiran .com

Kebanyakan orang awam lebih mudah mengingat domain berakhiran .com ketimbang yang lain. Saya saja sering kesasar ke dot com jika ada web berakhiran dot net atau org. Ini tentunya selain membingungkan juga akan merugikan Anda sendiri loh.

Tetapi jika memang web Anda bukanlah web komersil, ada baiknya tetap mengikuti aturan, yaitu menggunakan domain .org.

2. Mewakili produk yang Anda jual

Seperti misalnya saya ingin menjual Video On Demand (VOD), maka sebaiknya ada kata VIDEO atau setidaknya VOD dalam domain saya. Seperti ISAVOD.com misalnya. Dengan demikian orang bisa mengenali lebih awal produk apa yang saya jual dengan mendengar nama domain itu.

3. Jangan menggunakan lebih dari 2 kata

Batasi maksimal 2 kata. Jangan lebih dari itu. Kecuali jika Anda hendak menembak keyword tertentu untuk kepentingan SEO (Search Engine Optimization) itu beda lagi (Buying stage keywords)

4. Hindari menggunakan tanda (-)

Ribet juga kan kalau harus mengatakan “nama strip domain dot com” atau “nama dashes domain dot com”. Ya kalau tertulis sih memang gampang. Tetap kalau mengatakannya bisa membingungkan nantinya. Terpaksa deh kalau Anda terlanjur memilih nama domain dengan dashes, maka Anda harus membuat nama domain tanpa dashes supaya pengunjung tetap bisa sampai di web Anda. Tapi aturan ini tidaklah wajib, karena kadang kala jika nama domainnya lebih dari 2 suku kata, masih perlu tanda (-) supaya gampang mengingatnya.

5. Sesuaikan dengan target market Anda

Misalkan Anda menjual kursi dari rotan untuk target market orang indonesia. Sebaiknya Anda memilih nama domain mebelrotan.com ataupun yang sejenisnya. Kalau Anda memilih nama domain rattanfurniture.com… ribet ga ????

Semoga ke-5 tips di atas bisa jadi dasar Anda dalam menentukan nama domain.

Semoga bermanfaat!